Sabtu, 12 Desember 2009

Program Bahasa C

Untuk memeriksa apakah program yang telah ditulis itu bisa dimengerti oleh kompiler bahasa C, maka perlu dilakukan langkah Compile dengan cara tekan Menu Compile atau Alt+C kemudian pilih Compile atau dengan menekan tombol Alt+F9. Jika masih ada kesalahan, maka akan diperlihatkan dibaris mana kesalahan penulisan program terjadi, perbaiki program kemudian compile ulang sehingga muncul keterangan bahwa compile berhasil/sukses.


Proses compile hanya memeriksa program secara bahasa saja dan belum mengeksekusi / menjalankan programnya. Untuk menjalankan program maka tekan menu Run kemudian pilih sub menu Run atau dengah hotkey Ctrl+F9. Proses Run ini sebenarnya melakukan dua langkah yaitu proses compile dan menjalankan programnya.

Setelah proses run terjadi, maka akan tercipta suatu file berekstensi EXE yang mempunyai nama seperti nama file C++ nya. Suatu file EXE dapat langsung dijalankan di semua komputer walaupun di komputer tersebut tidak terdapat program C++.
Program tersebut ketika dijalankan akan menghasilkan tulisan dilayar sebagai berikut :

Ini Program Saya Yang Pertama

Saya Belajar Bahasa C++
Di “UNIKOM”
Bandung.


Keterangan Program Lat-1.CPP

Komentar :
Pada baris ke-1, ditemukan tanda /* dan pada baris 4 ditemukan tanda */. Kedua tanda tersebut berpasangan yang berguna untuk menuliskan suatu komentar tentang program atau perintah-perintah. Komentar tidak mempengaruhi program karena komentar tidak dijalankan seperti perintah (statement). Komentar dengan menggunakan tanda /*  berlaku sampai ditemukan tanda */. Cara lain untuk memberikan komentar adalah dengan memberikan tanda garis miring 2 kali. Komentar dengan tanda ini hanya berlaku pada 1 baris saja. Komentar bersifat opsional untuk mempermudah orang mengetahui fungsi dari suatu program atau suatu algoritma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar