Sabtu, 12 Desember 2009

Optimalisasi window 7

OPTIMALISASI TANPA SOFTWARE
Yang dimaksud dengan optimalisasi tanpa software adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan pada Windows 7 dalam keadaan default, tanpa penambahan software apapun di luar paket instalasi Windows 7 untuk mengoptimalkan kinerjanya.

a. Mempercepat Start-up / Booting time


1. Mengaktifkan semua core processor

Sejak Windows Vista, terdapat pilihan ini yang dalam keadaan default tidak diaktifkan. Bila processor yang kita miliki memiliki inti / core lebih dari satu, maka dengan mengaktifkannya, secara teoretis proses booting akan menjadi lebih cepat karena semua core akan dilibatkan dalam prosesnya.
Caranya adalah klik Start, ketikan MSCONFIG, enter, masuk ke tab ‘boot’,
pilih ‘advanced options’, beri tanda check pada ‘number of processors’, lalu pada menu drop down pilih jumlah maksimum yang ada.
Bila processor kita memiliki 2 buah core, maka di situ akan muncul 2, bila 4 maka akan muncul 4.

2. Mematikan Services yang tidak perlu

Sebenarnya ada cukup banyak Services yang dapat kita matikan untuk meningkatkan efisiensi proses booting, namun mematikan terlalu banyak services yang kita sendiri tidak tahu persis fungsinya akan memiliki dampak pada stabilitas sistem. Oleh karena itu kita dapat memprioritaskan ini pada services yang sudah pasti jarang atau tidak akan kita gunakan.
Untuk melakukan ini caranya adalah Caranya adalah klik Start, ketikan MSCONFIG, enter, masuk ke tab ‘services’, lalu hilangkan tanda check pada services yang kita ingin matikan. Sebagai panduan, ada baiknya kita beri tanda check dulu pada Hide All Microsoft Services. Ini artinya, kita akan hanya melihat services yang dijalankan oleh softwares yang kita instal setelah menginstal Windows 7. Sulit untuk disebutkan apa saja contoh services ini karena setiap orang tentu tidak menginstal program yang sama. Namun dengan melakukan ini, kita akan mematikan terlebih dahulu unsur-unsur program tambahan yang bisa jadi tidak akan berdampak pada Windows dan software-nya itu sendiri (sebagai contoh; Google Updater Service, Yahoo Updater, dan sebagainya.

Mengeset Services Menjadi Manual
Bila sebelumnya adalah tentang mematikan (men-disable) services, maka yang ini adalah tentang mengeset services menjadi manual. Maksudnya adalah, services tersebut tidak dalam keadaan berjalan, namun akan dijalankan hanya pada saat Windows membutuhkannya.
Caranya adalah dengan klik Start, klik kanan pada My Computer, dan pilih ‘Manage’. Klik pada ‘Services and Application’, lalu pilih ‘Services’. Untuk setiap entry yang ada, kita dapat meng-klik kanan 6
pada entry tersebut dan pilih properties, lalu pilih ‘manual’ pada ‘Startup type’

Ketika Windows 7 melakukan start-up, ia akan memuat semua komponen yang akan ditampilkan pada desktop. Tentu saja waktu load-nya akan menjadi lebih lama bila kita memasang wallpaper dari sebuah file yang ukurannya besar. Gunakan wallpaper dengan gambar yang berukuran kecil, atau tidak gunakan wallpaper sama sekali :) Baru gunakan wallpaper ketika Windows 7 sudah selesai dengan start-up-nya.

mau tau lebih lanjutt ?? silahkan download pada link yang telah tersedia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar